Saya Sebagai Calon Ketua OSIS SMA Damai


Salam Sejahtera,

Puji dan Syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dorongan-Nyalah membuat saya mampu menjadi calon Ketua OSIS SMA Damai yang baru tahun ajaran 2009/2010.

PENGANTAR

OSIS, Organisasi Siswa Intren Sekolah adalah suatu organisasi sekolah yang didirikan oleh persekolahan persekolahan  menengah tingkat pertama (SMP) dan persekolahan menengah atas (SMA). Dalam OSIS terdapat anggota – anggota nya, dan biasanya OSIS mempunyai seorang atau beberapa guru pembimbing yang mengawas dan membimbing serta membantu jalannya kegiatan – kegiatan yang telah direncanakan dalam OSIS.

LOSISATAR BELAKANG

Tujuan yang melatarbelakangi berdirinya OSIS, tercantum dalam Undang – undang Dasar 1945, yang tertulis ” melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”. Dan seluruhnya kegiatan OSIS diatur oleh Undang – undang nomor 20 tahun 2003.

Mengingat tujuan pendidikan dan pembinaan generasi muda yang ditetapkan baik di dalam Pembukaan Undang – undang Dasar 1945 maupun di dalam garis-garis besar Haluan Negara amat luas lingkupnya, maka diperlukan sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang merupakan jalur pendidikan formal yang sangat penting karena melalui sekolah, tujuan luhur penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945, dapat diwujudkan secara lahiriah dan terwujud sesuai dengan cita – cita bangsa.

VISI dan MISI

Dan adapula visi dan misi saya apabila nantinya saya terpilih menjadi ketua OSIS SMA Damai yang baru:

Visi saya adalah mewujudkan suatu organisasi yang ramah lingkungan. Dimana Organisasi yang ramah lingkungan ini berarti organisasi sekolah, khususnya OSIS akan bekerja sebagai organisasi yang mendukung dan membantu siswa dalam kegiatan belajar, maupun kegiatan berorganisasi. Saya juga menginginkan suatu keadaan yang kondusif dan menyenangkan dalam berorganisasi, sehingga orang tidak lagi berpikir bahwa OSIS adalah “Pembantu Sekolah”, melainkan “Bintang Sekolah”.

Misi saya adalah mengikutsertakan dan memilih siswa – siswa yang kompeten dibidangnya masing – masing, misalnya Kesenian, Olahraga, Dana Usaha, Rohani, Pendidikan, serta Kewarganegaraan. Sehingga, disini OSIS akan berfungsi dan berperan sebagai “Sekertaris Guru” agar tidak hanya guru yang menerangkan, namun OSIS-pun ikut terjun dalam melayani siswa. Tidak harus menjadi anggota OSIS, seorang siswa pun mampu menjadi kompeten dibidangnya, asalkan punya niat, kepercayaan diri, serta tanggung jawab sebagai modal awal dalam berorganisasi maupun hidup dalam masyarakat.

PROGRAM KERJA

Dan adapula program kerja saya apabila nantinya saya terpilih menjadi ketua OSIS SMA Damai yang baru:

  • Saya akan membawa nama sekolah agar SMA Damai dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas, tidak hanya disekitar lingkungan persekolahan, bahkan tingkat provinsi sekalipun. Dengan konsentrasi pada kegitan – kegiatan bulanan, perlombaan – perlombaan antar sekolah, serta kegiatan Pentas Seni (PenSi).
  • Saya akan meningkatkan kinerja OSIS SMA Damai sehingga kegiatan – kegiatan penunjang intren sekolah bisa dijalankan lebih baik.
  • Saya akan membuat sebuah “Kotak Curhat” bagi seluruh rakyat SMA Damai. Kotak Curhat ini adalah tempat bagi semua orang ingin mencurahkan isi hatinya kepada sekolah, baik keluh kesah, kepuasan, maupun saran serta kritik yang mampu membangun serta menumbuhkan kerja sama dan toleransi. Kotak ini akan dibuka setiap 2 minggu, untuk melihat perkembangan serta apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh rakyat SMA Damai. Tidak tertutup kemungkinan bagi siapa saja yang ingin mengisinya, semua orang dapat mengisinya, dan akan dipikirkan jalan keluarnya bersama apabila ditemukan masalah dalam lingkup sekolah.
  • Dan juga, saya akan mencanangkan kepada Kepala Sekolah, agar Pelajaran Native, diperpanjang menjadi 2jam pelajaran dalam seminggu. Karena saya rasa, lafal Bahasa Inggris sangatlah penting dalam ilmu pengetahuan zaman sekarang.

PRESTASI

Sejujurnya sama belum pernah mendapatkan prestasi apapun, namun saya yakin seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu bertanggung jawab akan kelompoknya serta mampu memberikan yang terbaik bagi semua orang.

PENUTUP

Sekian Kampanye saya sebagai Calon Ketua OSIS SMA Damai yang baru, saya mohon maaf apabila dalam berkata – kata masih terdapat kesalahan. Dan semoga yang terbaiklah yang akan menjadi Next OSIS Leader. Terimakasih. Tuhan Memberkati.

About these ads

101 comments on “Saya Sebagai Calon Ketua OSIS SMA Damai

  1. SisCa says:

    pertamax (kaskus abix)
    akakakak….
    semangat yaa yong..
    hoho…
    ^^

    • Stefanus Richard says:

      thx alot cHiqa^^

      • bagaimana cara anda menjalankan misi misi trsebut /

      • Stefanus Richard says:

        hai Asrul :)
        untuk menjalankan misimisi tersebut, bisa kamu mulai dengan merencanakannya terlebih dahulu apa yang ingin kamu mulai untuk wujudkan.. kamu bisa meminta bantuan guru BP/BK atau tim sukses organisasi osis kamu untuk mengkonsultasikan dan mendengarkan pendapat mereka, supaya nanti sekiranya langkahlangkah yang ingin kamu ambil bisa dikritisi oleh mereka, atau mngkin mereka punya ide atau langkah yah lebih baik..
        kalau sudah disepakati, maka, mulailah merealisasikan apa yang ingin kamu wujudkan untuk SMA mu :)
        tentunya, kamu akan sangat membutuhkan bantuan dan koordinasi dengan guruguru, anggota osis lainnya, dan temanteman mu dalam prakteknya, untuk itu, langkah berikutnya adalah selalu berkomunikasi dengan mereka yang turut andil dalam salah satu misi kamu, supaya misi tersebut sukses dan selama pelaksanaanya, tidak mengalami kendala yang berarti, dan demikian untuk seterusnya..
        dengan komunikasi yang baik, satu per satu, rencana untuk mewujudkan misi misi kamu, nantinya akan berjalan dengan sangat baik, dan akan didukung pula oleh seluruh anggota sekolah mu, selamat berjuang! :)

    • ZENTHANA NAGH JAIL says:

      wow itu bner bnget kta loe………….

  2. Anez says:

    Wow.. Kapan pemilihannya?? Lalu siapa yg menjadi ketua OSIS??
    Pemilihan kata-kata dalam blog u bagus.. :)

    • Stefanus Richard says:

      hehe
      thx nez…
      mungkin diluar sana lebih banyak age pnulis yang pemilihan kata2nya lebih bagus daripada saya… hehee

  3. kiky says:

    Uuaduchhh….
    good job ummph
    mdh-mdhan jd iianx terbae

  4. echi3 says:

    emh nm u cpa,.????
    oyua menang gak,.???
    hemm ,….low seandainya kamu kalah kamu akan berbuat apa,.????

    • Stefanus Richard says:

      nama saya Richard
      u isa buka di halaman utama blog g kok…
      hehe
      iah, Puji Tuhan saya terpilih.. hehe
      hmm, klau seandainya g kalah kemaren, ywd it’s fine, n g bakal berjuang jdi sekertaris kalau kmren g ga mnang.. hehe…
      lgian, jbtan jga ga mempengaruhi kerjaan, kalau atu tim ga kompak n sejalan..^^

  5. sudiman says:

    wah….. keren, tp u harus tao coy g gampng jd Srank pemimpin…………..
    Selain u haruz byak dukungan, saingan u jg harus nyadar kalo nanti kalah……….
    cOz w dah pengalaman.

    • Stefanus Richard says:

      hehe
      iah, mesti kerja keras, n yang paling penting mnrut g team work, kalau ada satu orang kurang setuju, g mau nya kita breng2 bependpat yg sma, supaya nanti wktu kerjanya ga da yang stengah hti…. hehe
      thx support nya… ehehe

  6. devid says:

    tkas bro aaatss info nya….

  7. elda mitari says:

    wah…visi n misi nya bagus.
    n selamat udah terpilih jadi ketos.
    mau tanya ne,,bagaimana sih mnjdi seorang pemimpin yang inovatif???
    thkz

    • Stefanus Richard says:

      terimakasih elda mitari :D
      hmm, menjadi seorang pemimpin yang inovatif ga perlu susah-susah dan ga perlu menguras otak dalem dalem, yang pnting kita jadi calonnya, punya pikiran kreatif, tanggap suasana, pekerja keras, dan yang pasti dan terutama peka terhadap semua perubahan. misalnya bisa membuat suasana biasa menjadi luar biasa, meskipun susah dikata-kata, tapi dengan kita enjoy melakukannya, semua nya pasti berasa menyenangkan dan yang pasti kita seneng ngelakuinnya, biar dikata osis itu pembantu sekolah, tapi osis itu juga artis nya sekolah.. hehe :p
      dan apalagi seorang pemimpin harus bisa menyatukan aspirasi anggota-anggotanya, pendeknya, kita harus netral :)
      kamu juga jadi calon ketua osis yah ? :D
      kalu ia, selamat yah :D gud luck selalu

  8. prastya says:

    thanks friend,,

  9. MERY says:

    :: Thank fos insfirasinya…. :))

  10. [...] The busiest day of the year was July 29th with 29 views. The most popular post that day was Saya Sebagai Calon Ketua OSIS SMA Damai. [...]

    • fanny says:

      yes saya sebagai calon ketua osis SMPN 1 KLAMPIS(0_0)

      • Stefanus Richard says:

        Selamat yahh Fanny! :D saya ikut bangga kmu udh bisa smpai sejauh ini :) sisa nya ada ditangan kmu :D semangat yah! :D kalau ada yang perlu ditanyakan, jangan sungkan buat tanya yahh :)

  11. COmEL says:

    KERENN..
    XMOGA SUkSESS

  12. SAYA KEPENGEN ANDA SELALU MAJU DEMI CITA2 SEKOLAH.

    • Stefanus Richard says:

      terimakasih :D tapi sekarang sayangnya saya sudah alumni, tapi tetep, saya bangga buat apa yang udah saya kasih buat sekolah saya! :D

  13. hmmzz baguzz umzzz

  14. rara.neva says:

    visi dan misi nya bagus banet ..

  15. saya terkesan dgn visi dan misi km, tpi ada pesan dri saya bahwa jika km akan menjadi seorang ketua osis, maka visi dan misi km itu di harapkan bkn hanya janji, tpi jga hrs ada bukti.a ,,, :)

    • Stefanus Richard says:

      terimakasihh :D untungnya semua yang sudah saya usahakan bisa jadi yang terbaik buat temanteman saya yg lain, dan untungnya semua orang bisa menikmati kerja keras semuanya :D

  16. sea says:

    keren buangettttt !!!!!

  17. rizka awalia says:

    saya terkesan sekali dngn visi dan misi km, saya mau nanya nih?
    bila menjadi ketos apakah ketos harus ikut serta dngn berlangsung ny acara?
    trmksh

    • Stefanus Richard says:

      kalau menurut saya sangat harus, karena sebagai ketos, kita harus kontrol tementemen kita yang lain, dan juga dengan kehadiran kita di lapangan (dalam acara) bisa membantu temen kita juga yang sekiranya pada saat itu butuh bantuan :) tapi disatu sisi kita juga bisa belajar percaya sama temen kita sendiri, misalnya menunjuk seseorang yang sekiranya bisa bertanggung jawab, jadi ga melulu harus ketos turun tangan.. intinya kerja sama aja sihh menurut saya, dan buatlah tementemen kmu merasa dihargai usahanya, supaya dilain kegiatan, mereka bisa total dalam mengerjakan tugas mereka selanjutnya :)
      semoga bisa membantu yah :)

  18. hai aku miranda
    hmmm susah yah kyak.a jdi seorang ketua/wakil osis
    gimana ya biar gk gerogi ntar wktu pmiihan
    apalagi nyampe’in visi n misi.a itu :)

    @bungaindah66@yahoo.co.id

    • Stefanus Richard says:

      hai Miranda :)
      kalau kamu ngerasa gerogi dalam menyampaikan visi dan misi kmu pda saat pemilihan, kmu bisa atasi rasa gerogi kmu dengan berlatih pidato kmu depan kaca :)
      dan sebenarnya rasa grogi itu memang wajar untuk setiap orang, tapi kmu pasti bsa kok :) yang terpenting semua yang jadi visi dan misi kmu adalah benar aspirasi dan inspirasi dari kamu sendiri, dan harapan tementemen kmu dan sekolah :)
      semoga bisa membantu yah Miranda :)
      kamu pasti bisa :D

  19. [...] merasa butuh bantuan dalam menjalankan tanggung jawab sebagai ketua osis atau wakil ketua osis ( Saya Sebagai Calon Ketua OSIS ) , jangan sedih [...]

  20. aisyah says:

    .smoga brhasil dlam menjalankan tugas mu..

  21. retna says:

    emmm saya jadi calon waktos nieh gmna caranya supaya penyampaian visi misi brjalan dngan lancar
    trima kasih
    retna

    • Stefanus Richard says:

      hai Retna,
      sebelumnya selamat ahh kamu udah sampai ke tingkat calon wakil ketua osis :)
      supaya penyampaian visi dan misi kamu berjalan dengan lancar, kmu bisa dengan cara melihat situasi sekitar kamu, biasanya pada saat kampanye ketua osis dan wakilnya, tementemen kita kadang kurang kerja sama, mereka bisa asik sendiri, jadi untuk menghindari ketidakefektifan kamu dalam menyampaikan visi dan misi, kamu bisa diam sejenak, tunggu sampe tementemen kamu kirakira udh tenang, kamu bisa lanjutin visi dan misi kamu :)
      dan yang ga kalah penting, materi yang akan kamu sampaikan ke tementemen kamu harus yang simpel dan jelas, karna kalau kamu menggunakan katakata yang susah dan akhirnya menjadi kalimat yang panjang, motivasi tementemen amu untuk ngedengerin visi dan misi kamu berkurang banget, mungkin yang akan mereka inget adalah kalimat awal dan akhir. jadi bikin sesederhana dan sejelas mungkin.
      semoga berhasil Retna! :D

  22. arum tamara says:

    Hmmm saya arum..
    Saya mau mnta pendapatnya aja ka Richard bener gak jika mnjadi ketua osis itu harus pintar dan mempunyai prestasi..???
    Thks before .. :-)

    • Stefanus Richard says:

      hai Arum,
      menurut aku, seorang ketua osis itu ga harus punya prestasi, TAPI seorang ketua osis harus pintar membagi waktu :)
      pintar disini bukan harus selalu juara kelas atau minimal rank.5 besar, ga Arum.. pintar nya itu adalh pintar berkomunikasi dengan temanteman kamu, kamu tau bagaimana karakteristik temanteman kamu, begitu juga kalau berkomunikasi sama guruguru kamu.
      dan yang paling penting, punya minat dan usaha dalam berorganisasi dan berhubungan dengan orang lain :)
      kalau boleh jujur, aku juga ga punya prestasi apa apa, tapi karna aku suka bertemu orang baru, dan suka berorganisasi, makanya semua pekerjaan aku selama jadi ketua osis jadi lebih menyenangkan.
      gimana Arum, terjawab pertanyaannya? :)

  23. diana says:

    siep dehc

  24. Alex says:

    0h gtw ea
    q lge bngung ne gmana cara a biar g’ gmetar saat berpidat0

    • Stefanus Richard says:

      hai Alex,

      supaya ga gemetar saat kamu berpidato, kamu bisa latihan apa yang ingin kamu sampein didepan kaca.. dengan begitu, kamu akan terbiasa nantinya..
      kamu juga harus tenang, jangan panik.. sebelum berpidato, kamu bisa minum air putih, atau dengan mencuci tangan, biasanya kalo aku lagi nervous dan tegang, dengan kedua cara itu aku berhasil nenangin diri aku :)

      good luck untuk pidatonya yahh! :)

  25. sintaa purwaa says:

    aduduh masih bingung buat bikin visi misi calon ketua osisnyaa :(

    • Stefanus Richard says:

      hai Sinta :)

      visi misi kamu adalah rencana dan usaha yang ingin kamu wujudkan lewat program kerja kamu nantinya buat sekolahmu..
      atau coba konsultasikan sama guru BP/BK kamu, mungkin kamu bisa mendapatkan petunjuk kirakira apa visi dan misi kamu :)

  26. HERLINA says:

    thanks ya kaaaakk. saya jadiiii calon ketos,
    bgaimana ya cranya untuk menjadi pemimpin yang idealll???
    GBU

    • Stefanus Richard says:

      hai Herlina :)

      selamat yahh kamu terpilih menjadi calon ketua osis! :D
      menjadi pemimpin yang ideal adalah mereka yang paling mengerti, paling mendengar, cepat tanggap, teliti dan disiplin dalam memanfaatkan waktu, mungkin kedengarannya berat, tapi itu adalah halhal sederhana yang setiap hari kita lakukan, misalnya dalam hal keterlambatan, kalo kamu sendiri ga terlambat , kamu udh jadi contoh yang baik buat tementemen kamu yang mungkin susah untuk bangun pagi, dan usahakanlah untuk menjadi lebih baik, tidak sombong, dan rendah hati :)

      semoga sukses yahh Herlina! :)
      God bless you too o:)

  27. cynthia says:

    hy ka :)
    aku cynthia calon ketua osis

    aku mau nanya nih,
    wakil ketua osis aku kan cewe, jadi seringkali kita gag kompak gitu .
    apalagi kita gag tau cara untuk berkampanye saat menyampaikan visi misi .
    mohon bantuannya yah .
    makasih :)

    • Stefanus Richard says:

      hai Cynthia :)

      justru bukannya temen kamu cewe, kalian bisa lebih gampang akrab?
      kalau dulu aku, awalawal nya harus deket sama wakil kita dulu, dengan bgitu nantinya kamu sama temenmu itu bisa lebih mudah mendiskusikan apa apa aja yang ingin kalian sampein..

      kalau cara berkampanye yang baik menurut aku adalah dengan cara melihat situasi sekitar kamu saat mau berkampanye, biasanya pada saat kampanye ketua osis dan wakilnya, tementemen kita kadang kurang kerja sama, mereka bisa asik sendiri, jadi untuk menghindari ketidakefektifan kamu dalam menyampaikan visi dan misi, kamu bisa diam sejenak, tunggu sampe tementemen kamu kirakira udh tenang, kamu bisa lanjutin visi dan misi kamu :)
      dan yang ga kalah penting, materi yang akan kamu sampaikan ke tementemen kamu harus yang simpel dan jelas, karna kalau kamu menggunakan katakata yang susah dan akhirnya menjadi kalimat yang panjang, motivasi tementemen amu untuk ngedengerin visi dan misi kamu berkurang banget, mungkin yang akan mereka inget adalah kalimat awal dan akhir. jadi bikin sesederhana dan sejelas mungkin.

      dan jangan lupa, komunikasi antara kamu dan wakil kamu penting, untuk menciptakan suasana dan kampanye yang baik :)

      selamat berjuang Cynthia :)

  28. ayu novita says:

    Mantap kk :) motivasi bgt buat para calon ketua osis

  29. renny says:

    bagaimna cra U mencari/memilih siswa2 yg kompeten dibidangnya masing2?

    • Stefanus Richard says:

      hai Renny :)

      kebetulan orangorang yang saya pilih adalah orangorang terdekat saya dan yang sudah saya tau betul dan yakin kalau mereka berkompeten dan bisa mengerjakan tugas mereka dengan sangat baik :)

  30. Aleah says:

    jujur aja yaa
    sekarang aku lagi galau ini :D
    besok aku orasi :(
    huaaaaa PD ku ilang
    aku ngerasa minder
    aku dulu ada sih pengalaman jadi osis di SMP
    tapi aku pas kelas satu di SMA nggak jadi osis
    ehh pas ikut tes tiba” jadi kandidat
    huaa pengen rasanya nggak ngikutan besok :(

    • Stefanus Richard says:

      hai Aleah :)

      jangan minder dong :) coba mulai dengan melihat apa yang udah kamu lakuin pas SMP, ga jauh beda ko :)
      bedanya cuma lingkungan yang baru aja..
      good luck yahh :D

  31. muhammad bahrani says:

    hay ka,, aku bahrani….. gni ka, mau tanya
    bagaimana sih cara mningkatkan kerja sama dlam berorganisasi,, khusus nya osis ??
    mkasih :)

    • Stefanus Richard says:

      hai Bahrani :)

      kamu bisa meningkatkan kerja sama dalam osis kamu dengan mulai dengan komunikasi yang baik, khususnya koordinasi yang baik, usahakan untuk selalu terbuka dan berbicara dengan baik, dengan begitu koordinasi dalam osis kamu bakal berjalan baik, dan otomatis makin kompak dan kerja sama nya terbangun :)
      semoga membantu yahh Bahrani :)

  32. Dheliez says:

    Hay , ka apa si maksd dari OSIS ramah lingkung ? dan apabukti dari perkataan osis ‘Pembantu Sekolah’ bagaimana cara agar osis dikatakan bintang sekolah?

    • Stefanus Richard says:

      hai Dheliez :)

      maksud dari osis yang ramah lingkungan itu adalah, peranan osis dalam sekolah adalah sebagai pendukung dari segala kegiatan yang diadakan oleh sekolah, sehingga peran osis selain membantu menyalurkan aspirasi sekolah kepada siswa2nya, begitu pula sebaliknya, aspirasi siswa akan disalurkan lewat osis kepada sekolah :)

      buktinya adalah dengan kita menjadi anggota osis di sekolah, otomatis peranan kita sebagai siswa lebih diutamakan, misalnya, kalau ada guru yang menawarkan sebuah lomba kepada salah satu anggota osis yang sekiranya bisa mewakili sekolah dan akhirnya keluar sebagai juara, itu lah yang aku maksud dengan bintang sekolah. tapi sama sekali tidak menutup kemungkin untuk tementemen yang lain untuk ikut berpartisipasi dan diberikan kesempatan untuk mengikuti lomba tersebut :)
      bagaimana Dheliez? sudah cukup jelas? :)

  33. Muhammah Rifai Agussalim says:

    Hay kakak, sya Rifai ingn mncalonkan jdi ketos SMAN 4 Makassar,
    gmn jdi pemimpin yg dpat mnjadi tauladan untuk sluruh siswa ?!?

    • Stefanus Richard says:

      hai Rifai :)

      menjadi pemimpin yang bisa menjadi tauladan bagi seluruh siswa adalah hal yang sangat mudah, tapi butuh dedikasi, ketekunan, dan semangat yang sangat perlu kamu tumbuhkan dalam diri kamu, selebihnya akan mengikuti dari belakang :)
      dan hal perting lainnya adalah rasa untuk ingin melayani sesama, dengan begitu, kerendahan hati, dan kebaikan-kebaikan (tauladan) yang ingin kamu ajarkan kepada tementemen kamu, bisa dengan sendirinya tementemen kamu pelajari dari kamu :)
      good luck Rifai! :D

  34. Ali Pahlevy says:

    keren banget deh visi misi nya, pas ane pertama kali kampanye di sidang, ane mirip kaya gini juga haha. saya bingung ni, pasti sibuk nih jadi ketos nih, dan ga gampang apa lagi di sekolah saya emang osis udh kaya pembantu sekolah. menurut kamu gmn nih?

    • Rezasusanto says:

      Hai mas, aku reza. Besok aku ada kampanye wakil dan calon ketua osis. Nah aku sebagai calon wakilnya, sedangkan aku masih belum nyiapin program kerja jangka panjang dan pendek. Apa bisa dibantu gimana cara bikinnya biar mudah dan cepat? Mohon bantuannya dan share pengalaman kaka :)

    • Stefanus Richard says:

      hai Ali :)

      pertama-tama memang sulit menjalankannya, tapi diteruskan saja apa yang ingin kamu lakuin, nanti akan ada orangorang yang simpatik sama kamu, dan mencoba mendukung apa yang jadi visi dan misi kamu nanti :)
      tapi jangan lupa, untuk memperlakukan semua orang yang udah membantu kamu dengan perlakuan yang setimpal, ga harus selalu mentraktir mereka, cukup mengucapkan terimakasih yang tulus, dan memperlakukan mereka dengan hormat :)
      good luck Ali! :D

  35. Rezasusanto says:

    Hai mas, aku reza. Besok aku ada kampanye wakil dan calon ketua osis. Nah aku sebagai calon wakilnya, sedangkan aku masih belum nyiapin program kerja jangka panjang dan pendek. Apa bisa dibantu gimana cara bikinnya biar mudah dan cepat? Mohon bantuannya dan share pengalamannya ka

    • Stefanus Richard says:

      hai Reza :)

      kalau kamu belum bikin, coba mulai dengan rencana jangka pendeknya dulu sambil dipikirin konsep untuk rencana jangka panjangnya, dan nanti setelah pemilihan, ternyata kamu terpilih, adalah tugas kamu merencakan semuanya sampai jadi rencana jangka pendek dan jangka panjang, setelah itu kamu baru realisasikan pelanpelan kepada tementemen kamu :)

      untuk pengalaman adalah yang paling penting komunikasikan apa yang ingin kamu lakukan sama anggota-anggota mu, supaya ga terjadi miscommunication..
      good luck Reza :)

  36. Ibiet says:

    Kak..aq ibit kandidat ketos. Mw taxa ne . .gmn cara kita untk membuat anggota” kita sadar dlm kgiatan osis. Mksud.a slalu hdir d stiap kgiatan osis.. Kdang tmen”q cuma pas acara” besar bru mreka hdir n ikt serta dlm kgiatan.. Aq gmw mreka cuma numpang nama d osis .mhon saran n msukan.a .trimahkasih

    • Stefanus Richard says:

      hi Ibit :)

      maaf yah aku sudah jarang buka blog ini, tapi semoga jawaban aku ini bias membantu kamu dalam pengalaman berorganisasi selanjutnya.
      menurut aku, supaya mereka selalu sadar dan turut berpaartisipasi adalah buat mereka juga turut mengambil bagian dalam acara tersebut, misalnya untuk bidangbidang yang cukup penting, kamu masukkan beberapa orang, tidak perlu banyak, yang paling penting adalah efektif demi kelancaran acara atau kegiatan sekolah atau organisasi kamu.

      semoga cukup membantu ya Ibit :)

  37. Sukacita says:

    Halo kak, aku rani calon waktos di sekolahku. Deg2an sih sewaktu ada pengarahan dari pembina osis. Baru dikasih tahu hal2 apa aja yang mesti dikerjakan untuk kampanye aja udah deg2an. Apalagi pidato B.Ing di depan banyak rakyat SMA ku. Lawanku itu temen baikku sendiri, dan aku lihat dia beserta pasangan caketosnya lebih baik dan cocok daripada aku (dari segi berpasangan). Udah keburu minder. Puji Tuhan prinsip aku dg caketos pasanganku sama2 gak berambisi untuk menang, yang penting kita mengerjakan & menjalankan apa yang telah diamanatkan guru2 dg sebaik2nya. Untuk menang atau kalahnya, urusan terakhir. Gimana mengatasinya? Trimakasih. GBU

    • Stefanus Richard says:

      hi Rani :)

      maaf yah aku sudah jarang buka blog ini, tapi semoga jawaban aku ini bias membantu kamu dalam pengalaman berorganisasi selanjutnya.

      menurut aku, sekalian lawan kamu adalah teman baikmu sendiri, lakukanlah dengan jalan yang sehat. buatlah pemilihan ketua osis ini menjadi batu loncatan untuk kalian masing-masing agar kalian belajar berkompetisi yang sehat. untuk masalah ambisi, boleh berambisi, namun tetap pada takaran yang cukup.
      sudah cukup sering buat aku sendiri melihat teman ku bermusuhan dengan teman baiknya dalam hal kompetisi, baik ketua osis maupun bidang lain. untuk masalah siapa yang akan terpilih, biar guru dan teman-teman kamu yang menilai nantinya :)

      semoga pertanyaannya terjawab ya :)

  38. Ichaaa says:

    kak, visi dan misinya sangat baik..
    saya mau nanya, jadi seorang pemimpin itu gimana ya? terus,waktu kakak menjabat jadi ketos, prokernya apa aja? gimana sih cara berorasi yang baik?? makasih sblmnya

    • Stefanus Richard says:

      hi Icha :)

      maaf yah aku sudah jarang buka blog ini, tapi semoga jawaban aku ini bias membantu kamu dalam pengalaman berorganisasi selanjutnya.

      menurut aku, seorang pemimpin yang baik itu adalah yang bertanggung jawab, baik pada organisasi, gurguru maupun diri sendiri. memang besar tanggungannya, namun kalau semuanya dijalankan dengan baik, dan dipikirkan dengan matang-matang, diharapkan hasilnya juga baik.
      untuk program kerja, pada saat itu aku tidak banyak, namun yang paling berpengaruh adalah meningkatkan kinerja osis dengan melibatkan seluruh anggota osis dalam setiap kegiatan maupun acara di sekolah.
      untuk cara berorasi yang baik, yang paling penting adalah dijelaskan dengan baik, tidak perlu berteriak-teriak, jelas apa yang ingin kamu sampaikan dan yang paling penting juga tidak menyinggung lawan kamu.

      semoga pertanyaannya terjawab ya :)

  39. hy ka?? aku boleh nanya ga?? aku besok bakalan menyampaikan visi dan misi ku bwt jadi calon nati.. sedangkan aku binggung untuk memikirkan apa yang menjadi visi dan misiku yang seada-adanya.. apa lagi nanti ada anak yang komment tentang visi dan misiku,, aku jadi takut mau jawab apa?

    • Stefanus Richard says:

      hi Aprilyanie :)

      maaf yah aku sudah jarang buka blog ini, tapi semoga jawaban aku ini bias membantu kamu dalam pengalaman berorganisasi selanjutnya.

      menurut aku, kamu harus menguasai materi yang akan kamu berikan, jelas kamu menyampaikannya dan memang betul itu semua yang mau kamu capai. untuk pertanyaan-pertanyaan dari teman-teman kamu, nantinya juga tidak akan jauh melenceng dari apa yang sudah kamu jelaskan buat mereka.

      semoga pertanyaannya terjawab ya :)

  40. feti RJ says:

    Biasa nya kalau ingin menjadi pengurus atau ketua osis, slah satunya ada seleksi tulis dan wawancra, kalau boleh tau yg sdah berpangalaman menjadi ketua osis itu di pertanyakan oleh seniornya seperti apa dan bagaimana ??

    • Stefanus Richard says:

      hi Feti :)

      maaf yah aku sudah jarang buka blog ini, tapi semoga jawaban aku ini bias membantu kamu dalam pengalaman berorganisasi selanjutnya.

      biasanya akan menjadi pertimbangan guru-guru dan senior kamu nanti nya untuk menjadikan kamu calon ketua osis kembali atau tidak. apabila memang kriteria ketua osis yang dibutuhkan oleh mereka ada pada kamu, menurut aku tidak akan tidak mungkin kamu akan terpilih kembali. begitu pula sebaliknya, yang memang belum pernah menjadi ketua osis, apabila guru dan senior merasa kamu berpotensi untuk menjadi ketua osis, mereka pasti akan dengan senang hati mencalonkan kamu sebagai ketua osis.

      semoga pertanyaannya terjawab ya :)

  41. Gw Suka Kata2 Nyaa Pengurus osis Bukan Pembantu Sekolah tetapi Bintng klas.
    I Like This
    (y)

  42. Risa firmansyah says:

    dedikasi apa yang ingin kamu berikan pada sekolah ?

    • Stefanus Richard says:

      hi Risa :)

      maaf yah aku sudah jarang buka blog ini, tapi semoga jawaban aku ini bisa membantu kamu dalam pengalaman berorganisasi selanjutnya.

      dedikasi yang aku harap bias aku berikan pada sekolah aku adalah menjunjung nama baik sekolah aku sendiri, meskipun memang masih banyak kekurangan, namun merekalah yang membentuk aku hingga sampai saat ini dalam dunia perkuliahan dan dunia kerja :)

  43. zahra dhiafakhri says:

    hai kak :)
    aku zahra…
    calon ketua osis…

    gimana ya kak agar saat kampanye tidak gugup…
    maklum saya baru pertama kali nyalonin diri… :D

    • Stefanus Richard says:

      hi Zahra! :)

      maaf yah aku sudah jarang buka blog ini, tapi semoga jawaban aku ini bisa membantu kamu dalam pengalaman berorganisasi selanjutnya.

      tidak perlu gugup sebenarnya, yang terpenting adalah kamu menguasai apa yang akan kamu sampaikan. gugup itu perlu supaya kita selalu diingatkan agar tidak sombong, namun dengan kamu menguasai materi yang akan kamu berikan, pastinya kamu akan tumbuh percaya diri untuk menyampaikan semuanya yang ingin kamu sampaikan :)

  44. rizkal says:

    kk bgaimna cra mmbuat visi dan misi yg baik?

    • Stefanus Richard says:

      hi Rizkal :)

      membuat visi misi yang baik adalah realistis. kamu harus tau dan pahami semua potensi yang ada dalam sekolah dan teman-teman mu, jadikan itu semua sebagai motivasi buat mereka untuk terus berkembang dan membawa nama baik sekolah ke sekolah-sekolah lain :)

  45. ayu hidayati says:

    aku mau tanya nich… program jangka panjang kamu untuk meningkatkan misi u thuw apha ja sich?

    • Stefanus Richard says:

      hi Ayu :)

      program jangka panjang itu bias dimulai dengan kegiatan-kegiatan tahunan yang biasanya di lakukan oleh sekolah. misalnya, misi kamu meningkatkan juara sekolah se-Jakarta, program jangka panjangnya, bias dibuat class meeting, sport month, mengikuti lomba-lomba dari sekolah lain. dengan begitu, mereka yang turut dalam bidang olahraga akan dilatih secara berkala :)

  46. Sarah says:

    Aduuhh .. Besok aku terpilih jdi kandidat ktua osis.. Aku blum pengalaman :( .. Aku bingung.
    Langkah pertma itu hrus ngpain yah?? Tlong bantu dong ..

    • Stefanus Richard says:

      hi Sarah! :)

      maaf yah aku sudah jarang buka blog ini, tapi semoga jawaban aku ini bisa membantu kamu dalam pengalaman berorganisasi selanjutnya.

      jangan panic, kuasai materi kamu dan berusahalah untk focus pada apa yang mau kamu sampaikan :)

  47. ANdry says:

    Wahahah.. terimakasi banyk z0p

  48. Ghita khairani says:

    hay kak saya Ghita mau nanya nih saya ingin mencalonkan diri menjadi ketua osis SMA NEGRI 1 LHOKSEUMAWE tapi saya bingung bagaimana cara menjadi ketua osis yang baik dan bertanggung jawan terus masalah visi misi apa boleh saya kutip diinternet
    thank’s kak

    • Stefanus Richard says:

      hi Ghita :)

      untuk menjadi ketua osis yang baik dan bertanggungjawab, menurut aku, kamu harus memiliki pribadi yang kat, bukan berarti egois, namun kamu diharapkan mampu mewujudkan apa yang kamu sampaikan menjadi kegiatan yang sesungguhnya. anggota osis kamu juga menjadi pilar pendukung semua perbuatanmu, jadi berlakulah baik kepada mereka, dan mereka pasti akan berbuat demikian kepada kamu :)

      aku tidak menyarankan untuk mengutip di internet, jadikan saja referensi untuk kamu dalam merangkai kalimat untuk berorasi. buatlah visi misi yang sesuai dengan sekolah kamu, apa yang dibutuhkan dan apa yang bias kamu lakukan untuk sekolah dan teman-teman kamu.

      semoga bermanfaat ya Ghita, best of luck buat kamu :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s