Ekstrakurikuler di Sekolahku


Ekstrakurikuler yang saya pilih adalah Paskibra.

Paskibra SMA Damai 2008

Paskibra SMA Damai 2008

Paskibra, memiliki kepanjangan dari Pasukan Pengibar Bendera, adalah salah satu ekstrakurikuler yang terdapat dan menjadi salah satu keunggulan dari Sekolah Damai, khususnya pada jenjang SMA ( Sekolah Menengah Atas ). Kegiatan ini dibimbing oleh salah satu alumni SMA Damai yang sangat berpengalaman, sehingga penyajian materi terhadap ekstrakurikuler Paskibra ini, menjadi lebih menyenangkan dan lebih mudah diikuti, sehingga hanya dengan latihan berulang – ulang saja, peserta Paskibra, dapat mengikuti dengan baik.

Ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan secara langsung saat pertama kali mengikuti Paskibra, seperti sikap kekeluargaan yang sangat kental terasa saat dimulainya Paskibra terhadap peserta dan kakak – kakak yang telah dilatih untuk membimbing peserta – peserta Paskibra, dimana yang biasanya adalah siswa – siswa tingkat 11 dan 12 atau 2 dan 3 SMA; serta dalam Paskibra, juga dirasakan suatu kekompakan antara peserta – peserta Paskibra yang lain. Dimana dalam Paskibra ini, dituntut suatu kekompakan yang menghasilkan suatu irama yang serentak, sehingga menghasilkan suatu seni yang didalamnya terdapat keserasian dan kekompakkan saat suatu gerakan Paskibra tersebut dilakukan.

Dan satu hal yang penting manfaatnya dalam Paskibra adalah kerjasama tim yang membawa peserta hanyut dalam suasana kekeluargaan yang menyenangkan. Meski disamping itu, terkadang terselip, suatu kelelahan dan kekesalan karena ada beberapa masalah biasa, seperti kurang kompak, ataupun gerakan yang dilatih tersebut agak sulit, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk melancarkan gerakan tersebut menjadi lebih panjang, dan membawa suatu rasa ketidakinginnan lagi untuk melakukannya, namun itu semua merupakan nilai dan cita rasa tersendiri dalam menjalani ekstrakurikuler ini.

Bagi saya sendiri, semua manfaat itu memang sangat jelas terasa saat pertama kali mengikutinya, dan akan dirasakan menyenangkan apabila dilakukan terus – menerus secara rutin, dan menurut pendapat saya, semangat tersebut mulai terasa saat 4 minggu pertama mengikuti Paskibra. Awalnya memang melelahkan, namun dibalik lelah dan keringat yang mencucur tersebut, ada kepuasan saat kita ingin berusaha dalam mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai. Sama seperti Paskibra, dalam Paskibra, peserta dituntut untuk terus aktif dan energik, untuk menghasilkan suatu keserasian antar peserta, yang merupakan kunci, dan tolak ukur kualitas suatu organisasi Paskibra suatu sekolah.

Training Camp

Training Camp

Tidak hanya ekstrakurikuler disekolah saja, namun ada juga kegiatan yang menunjang Paskibra dari luar kegiatan ekstrakurikuler, yaitu Training Camp atau kadang disingkat TC. Training Camp ini dibentuk dengan maksud untuk meningkatkan manfaat – manfaat yang telah dirasakan setelah bimbingan disekolah, dengan tujuan untuk lebih mengasah rasa kekeluargaan, kekompakkan, dan kerjasama suatu tim guna menghadapi arus globalisasi yang kini memang dirasa telah menghancurkan semangat juang pemuda – pemudi zaman sekarang. Selain manfaat – manfaat yang dirasa secara langsung, ada pula manfaat yang dirasakan secara tidak langsung, yaitu keakraban yang tercipta akibat manfaat yang selalu ditingkatkan dari latihan – latihan Paskibra. Tidak hanya keakraban yang terjalin dalam tingkat sesama peserta Paskibra, namun juga terjalin suatu hubungan dengan pembina yang lebih mengarah pada kerjasama dan rasa kekeluargaan dalam tim.

Hal tersebut juga saya rasakan dalam kegiatan Paskibra ini. Dan hal yang membuat saya sangat menyenangi ekstrakurikuler ini, karena Paskibra ini memiliki suatu nilai dan hasrat bagi saya sendiri dalam menjalankan suatu hubungan persahabatan, pilihan hidup, dan ketegasan dalam menentukan pendapat atau opini, meskipun apabila saya sempat menoreh kebelakang ada suatu cuap – cuap yang menyatakan bahwa Paskibra membosankan. Memang diakui, gerakan – gerakan yang dilatih setiap kali sama, namun tiap – tiap pertemuan menurut saya adalah waktu dimana saya bisa menghabiskan waktu dengan hal – hal yang berguna, dan hal – hal yang baru dan juga tempat saya menghabiskan waktu dalam suatu organisasi yang menempuh suatu tujuan yang sama.

Sekian cerita mengenai ekstrakurikuler Paskibra ini, semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya, tak tertutup pula bagi anda yang ingin berkomentar silakan isi kolom komentar yang ada dibawah ini… Terimakasih… Ohayo Arigato Gozaimashu…^^ Gbu…

3 comments on “Ekstrakurikuler di Sekolahku

  1. phie22 says:

    Alo yonkz…
    ArtikeL mu bagus dan mendetail. ^^
    Pilihan katanya juga baik dan tepat. Hehe…
    Gbu

  2. Anez says:

    Yong,, tuh bukan foto TC.. tapi LDK angkatan g.. ganti poto yak.. hihi..
    but artikel u mnarik koq.. syg nya itu bukan foto paskibra angkatan anda.. hehe.. Gud Luck yha..🙂

  3. […] Ekstrakurikuler di Sekolahku December 2008 2 comments Possibly related posts: (automatically generated)#1 Page and Top 3 Posts In 2009RebootAdam’s Blog on Helath Care Issue Published in: […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s